Teknik Dasar Sepak Bola Untuk Pemula, Wajib Tahu!

Tiga pemain di sentral lapangan pada formasi bisa bertarung seimbang dengan tiga gelandang milik 4-3-3. Keunggulannya, para pemain sayap di bisa memberi perlindungan ekstra untuk meredam serangan sayap lawan. possession begitu mendapatkan bola agar para gelandangnya punya cukup waktu untuk ikut naik dan melancarkan serangan. Penundaan itu membuat para bek lawan bisa menyusun kembali pertahanan mereka sebelum situasi jadi lebih berbahaya.

Untuk sampai pada tahap itu selain dibutuhkan strategi, koordinasi dan kerja sama tim yang baik, dibutuhkan juga tingkat skill pemain yang juga mesti harus terus diasah. Skill setiap pemain di lapangan itulah yang menentukan berjalan atau tidaknya strategi yang diterapkan oleh pelatihnya.

Peran dua pemain ini dalam variasinya nanti bisa saja menjadi sangat rumit, serupa kompleksitas peran gelandang bertahan dalam skema empat bek. Tapi posisi dua gelandang serang dalam yang relatif lebih di depan, membuat kompleksitas tersebut tidak akan sampai menimbulkan kerusakan fatal terhadap pertahanan, jika sewaktu-waktu mereka membuat kesalahan. Efektifitas peran gelandang bertahan cukup beragam dalam fase ini, karena sangat bergantung kepada kepandaiannya membaca permainan, kecepatannya bergerak, sekaligus skillnya untuk menghadang lawan. Sebenarnya gelandang bertahan bukan solusi nyata di pendekatan ini, karena pemain secerdas Sergio Busquets saja masih sering gagal melaksanakan tugas.

Sebaik apapun strategi dan rencana koordinasi setiap pemain di lapangan, jika tidak diimbangi dengan skill yang dimiliki setiap pemain, maka hasil permainan sebuah tim juga tidak akan maksimal, bahkan cenderung menjadi buruk. Mencoba memahami situasi seorang pemain di posisinya akan membantu Anda melihat dari sudut pandangnya dan mengerti alasan pemain melakukan gerakan tertentu. Perhatikan bagaimana take over (ketika para pemain saling berganti posisi) dapat membuka lapangan dan kesempatan untuk menembak atau mengoper. Satu pemain bisa menggiring menuju pemain lain dan bertukar bola, sementara pemain lainnya menghalangi pemain bertahan lawan untuk sesaat.

Amati bagaimana overlap dapat menciptakan peluang untuk mengumpan. Bek sayap dapat berlari dari sisi luar lapangan tengah, memotong masuk, dan turut membantu serangan. Perhatikan seberapa cepat operan satu dua, baik statis maupun bergerak, membuka pertahanan lawan. Pemain dapat melakukan wall pass (operan dinding) untuk mengulur waktu apabila sedang diadang (statis), atau memainkan bola dan melakukan sprint ke ruang kosong untuk menerima bola. Dengan terus menggerakkan bola, tim bisa mengurangi tekanan lawan dan membuka ruang kosong.

Bekerjasama menjadi salah satu penentu untuk mengalahkan tim lawan. Apa jadinya jika kamu dan rekan mini soccermu tidak menjalin komunikasi yang baik saat pertandingan nanti. Tentu taktik ini selain bikin bosan para penonton juga bikin geram si musuh, apalagi tim lawan sedang dalam keadaan tertinggal. dalam formasi ini harus memiliki penguasan bola yang kuat, stamina yang kuat dan bermain dengan sabar, serta disiplin menyerang atau bertahan.

Italia memiliki Paulo Rossi dan Inter Milan memiliki Sandro Mazzola. Dua striker tersebut yang kerap membuat perhatian bek lawan teralihkan, kemudian tim akan leluasa bagi gelandang dan fullback untuk menyerang dari lini kedua. Dua gelandang serang yang berada di halfspace juga bisa berfungsi untuk mendelay bola jika tidak menginginkan serangan balik cepat. Hal ini akan memberi wingback waktu untuk melakukan recovery posisi untuk kembali naik, setelah biasanya mereka akan turun cukup jauh ketika bertahan. Bentuk fleksibilitas tersebut akan sangat kelihatan jika tim sedang dalam fase bertahan.

Justru intimidasi dengan melempar lebih banyak pemain ke depan sejak awal yang berperan lebih besar dalam MENCEGAH serangan balik berbahaya agar tidak terjadi. Taktik ini lebih menekankan bagaimana pemain harus secepat mungkin merebut bola dari lawan dengan cara agresif seperti menekan lawan hingga lima pemain di area pertahanan lawan. Untuk bisa mengoptimalkan formasi 4-3-3, sebuah tim harus ditunjang oleh pemain-pemain yang sanggup berpikir cepat dan tepat dalam hal penempatan posisi serta pendistribusian bola. Dengan memainkan dua penyerang sayap, potensi ancaman dari para full-back lawan bisa ditekan. Selama dua penyerang yang bermain melebar itu tetap berada jauh di depan, maka akan terlalu berisiko bagi full-back lawan untuk ikut naik membantu serangan timnya.

Catenaccio merupakan gaya permainan yang memainkan bola di daerah pertahanan sendiri sambil menunggu waktu yang tepat untuk melakukan serangan balik. Ciri khas taktik ini adalah man to man marking dan pemain yang berfungsi sebagai libero. Selama 90 menit pertandingan, tidak ada yang bisa menduga apa terjadi saat ‘Si Kulit Bundar’ bergulir. Manajer atau pelatih sepak bola pun harus mempunyai strategi yang ampuh untuk mencetak gol selama pertandingan berlangsung. Ciri khas taktik ini adalah man to man marking dan keberadaan pemain yang berfungsi sebagai libero.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *